by

Seribu Rumah Gadang Bakal Dinobatkan Sebagai Warisan Budaya Dunia

Seribu Rumah Gadang Bakal Dinobatkan Sebagai Warisan Budaya Dunia

Bulatin.com – Mempunyai tiga unsur sebagai prasyarat mutlak satu tujuan wisata berkelas dunia, yaitu aktraksi, akses, serta sumber daya pariwisata, buat Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat optimis, usaha jadikan lokasi tempat wisata Seribu Tempat tinggal Gadang jadi satu diantara website warisan Dunia yang disadari UNESCO akan terwujud.

Bahkan juga, terkecuali lakukan beberapa pembenahan, Pemkab setempat sudah menggandeng tim dari University of Malaya, Kuala Lumpur, yang beranggotakan tujuh orang dari jurusan arsitektur. Satu salah satunya adalah anggota tim penilai UNESCO.

Tim itu dijadwalkan juga akan tiba di Solok Selatan pada 30 Januari 2018. Mereka juga akan jadi pembicara dalam komunitas group discussion mengenai kesempatan seribu tempat tinggal gadang jadi warisan budaya dunia. Tim itu akan lihat segera berkunjung ke tempat Seribu Tempat tinggal Gadang.

Nofrins Napilus, satu diantara penggiat kepariwisataan menyebutkan, usaha Pemerintah Kabupaten dalam meningkatkan, serta menyarankan tempat wisata lokasi Seribu Tempat tinggal Gadang, telah pas.

Menurut Nofrins, tempat wisata Seribu Tempat tinggal Gadang begitu mungkin. Disana, bukan sekedar menonjolkan arsitektur tempat tinggal gadang saja, namun juga mengenai histori panjangnya, mengapa semuanya bentuk serta type tempat tinggal gadang di Sumatera Barat berada di sana.

Di Seribu tempat tinggal Gadang, pengunjung dapat juga mengerti dengan detil masalah arsitektur, ataupun manfaat, serta histori tempat tinggal kebiasaan Minangkabau ini.

” Kita sebagai pegiat kepariwisataan begitu mensupport usaha pemerintah setempat meningkatkan, menyarankan jadi satu diantara warisan dunia, serta jadikan lokasi seribu tempat tinggal gadang jadi tujuan favorit di Sumatera Barat, ” kata Nofrins Napilus, Kamis 25 Januari 2018.

Nofrins menilainya, langkah Pemkab Solok Selatan menggandeng tim dari Malaya, Malaysia itu begitu bagus. Sebab, satu dari tujuh orang utusan itu adalah anggota tim penilai dari UNESCO. Jadi, dengan automatis dia juga akan tahu apa sajakah mesti disediakan, serta beberapa langkah apa sajakah yang perlu dikerjakan kelak untuk wujudkan itu semuanya.

” Bila Seribu Tempat tinggal Gadang telah berstatus warisan dunia, keuntungan pertama yaitu ada promosi ke semua dunia oleh UNESCO, pertolongan yang mengalir untuk restorasi, serta pengembangan sarana, baik dari dalam ataupun luar negeri itu umumnya semakin lebih gampang. Semuanya warisan dunia umumnya jadi tempat wisata yang begitu menarik untuk dikunjungi, ” tutur Nofrins.

Sebelumya, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengapresiasi serta mensupport penuh usaha Pemkab Solok Selatan jadikan lokasi Seribu Tempat tinggal Gadang jadi satu diantara website warisan dunia.

Menurut Arief, tiga dari sepuluh persyaratan sebagai prasyarat tujuan wisata kelas dunia telah berada di lokasi Seribu Tempat tinggal Gadang ini. Tiga persyaratan itu, yaitu atraksi, akses, serta sumber daya pariwisata.

” Oleh karena itu lokasi Seribu Tempat tinggal Gadang memanglah layak untuk didaftarkan jadi salah website warisan dunia. Pemerintah pusat dalam hal semacam ini, juga akan mensupport penuh usaha itu, ” tuturnya.