by

Siapa Lea Ciarachel? Aktris Umur 15 Tahun di Sinetron Suara Hati Istri

Aktris Lea Ciarachel tengah jadi sorotan warganet lantaran perannya di sinetron Suara Hati Istri sebagai Zahra.

Lea Ciarachel memerankan karakter Zahra, istri ketiga Pak Tirta yang berusia 39 tahun. Hal ini menuai kontroversi di kalangan warganet sebab sang aktris merupakan seorang remaja berusia 15 tahun.

Untuk lebih jelasnya, simak sederet informasi mengenai profil Lea Ciarachel berikut ini.

Profil Lea Ciarachel

Pemilik nama lengkap Lea Ciarachel Fourneaux ini merupakan gadis kelahiran Bali, 5 Oktober 2006.

Lea, sapaan akrabnya, mengawali karier di dunia hiburan tanah air sejak 2019 lalu sebagai model.

Mengintip akun Instagramnya, Lea kini telah memiliki lebih dari 20 ribu pengikut.

Pada 2021 ini, Lea menjajal dunia akting dengan mengambil peran sebagi Zahra di Mega Series Suara Hati Istri.

Dalam sinetron itu, ia beradu akting dengan sejumlah artis ternama seperti Bryan Andrew, Metta Permadi, hingga Panji Saputra.

Perankan karakter istri ketiga

Karakter Zahra yang diperankan Lea pun mendadak jadi trending di Twitter. Warganet menyorot usia asli sang artis yang masih 15 tahun.

“Lu bayangin bocil 15 tahun disuruh adegan beginian,” cuit akun @utani*** di Twitter, dikutip Selasa (1/6/2021).

Cuitan tersebut juga disertai dengan tangkapan layar adegan-adegan antara Zahra dan Tirta di ranjang. Mulai dari adegan yang disebut malam pertama hingga kehamilan Zahra dan momen Tirta mengecup keningnya.

Terlepas dari perbedaan usia di dunia nyata yang cukup jauh, dalam sinetron tersebut, keduanya memang dikisahkan sebagai pasangan suami istri.

Namun, adegan-adegan dalam sinetron tersebut justru yang menjadi sorotan karena usia Lea Ciarachel dinilai belum pantas memerankan karakter seperti itu.

Sontak, tak butuh waktu lama warganet melayangkan protesnya. Banyak yang sepakat dengan cuitan @utanis*** dan mengaku kecewa dengan sinetron Indonesia.

“Sinetron Indo***r selalu bikin kontroversi ‘ cinta kepada Zahra’,” komentar akun @gamep****.

“Plis stop normalize underage tapi dipasangin sama orang yang sudah legal, apalagi jauh banget gapnya kayak gini. I know cuma buat kepentingan hiburan semata, tapi pasti banyak banget aktris yang umurnya jauh di atas pemeran Zahra yang ini kan? Takutnya some of people yg bekerja buat sinetron ini mungkin merealisasikn imajinasi pedofilia dia ke sinetron,” komentar akun @gemak*** menimpali.

Itulah profil Lea Ciarachel, aktris 15 tahun yang perankan karakter istri ketiga.

Indosiar akan Ganti Lea Ciarachel dalam Peran Zahra di Sinetron SHI

Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Mulyo Hadi Purnomo mengaku telah memanggil pihak Indosiar terkait viralnya sinetron Suara Hati Istri karena menjadikan aktris bernama Lea Chiarachel berusia 15 tahun sebagai pemeran istri ketiga.

Diketahui, Lea Ciarachel berperan sebagai Zahra dalam sinetron Suara Hati Istri.

Hasil pemanggilan itu, Mulyo mengatakan, Indosiar berjanji akan mengganti Lea Chiarachel dengan tokoh lainnya untuk menggantikan peran Zahra dalam tiga episode mendatang sinetron tersebut.

“KPI baru saja meminta keterangan dari pihak Indosiar. Pihak Indosiar mengatakan akan mengganti peran Zahra untuk tiga episode berikutnya,” ujar Mulyo saat dihubungi Kompas.com, Rabu (2/5/2021).

Indosiar juga berjanji ke depannya akan berhati-hati untuk memilih pemeran dalam sinetron yang ditayangkannya. Terutama, yang berkaitan dengan tokoh-tokoh yang sudah menikah.

“(Indosiar berjanji bisa) Mengantisipasi kemungkinan adegan-adegan (dalam sinetron) hal yang tidak patut. Tidak patut itu kita bicara regulasi juga karena ada Undang-undang perkawinan bahwa minimal berumur 19 tahun,” kata Mulyo.

KPI berharap mulai Kamis besok, Indosiar bisa mengganti pemeran Lea Chiarachel dengan tokoh lainnya yang cukup umur memerankan tokoh Zahra dalam sinetron Suara Hati Istri.

Jika Indosiar tidak mengganti peran Lea dalam sinetron Suara Hati Istri tersebut, KPI akan mengambil tindakan lebih tegas.

“Kami sih berharap akan dilakukan mulai besok. Kami akan pastikan akan segera dilaksakan (pergantian peran). Kami akan merapatkan itu ke dalam rapat pleno dan membuat keputusan lain (jika Indosiar tak menepati janjinya),” tutur Mulyo.

Sebelumnya, KPI membenarkan mendapat banyak aduan dari masyarakat terkait sinetron Suara Hati Istri.

Masyarakat banyak memberikan sentimen negatif terhadap sinetron yang tayang di Indosiar tersebut.

Pasalnya, karakter Zahra yang diperankan aktris remaja Lea Ciarachel mendadak jadi perbincangan hangat di media sosial.

Bukan tanpa alasan karakter Zahra hingga menjadi trending topic Twitter hari ini, Selasa (1/6/2021).

Karena dalam sinetron Suara Hati Istri ‘Zahra’, karakter yang diperankan Lea merupakan istri ketiga dari pak Tirta.

Padahal di kehidupan nyata, usia Lea yang lahir 5 Oktober 2006 itu baru 15 tahun saat ini.

Sementara lawan mainnya, aktor Panji Saputra, yang memerankan karakter pak Tirta, telah berusia 39 tahun.

Terlepas dari perbedaan usia yang cukup jauh, dalam sinetron tersebut, keduanya dikisahkan sebagai pasangan suami istri dan kini Zahra dalam kondisi mengandung anak pak Tirta.

Banyak adegan-adegan dalam sinetron tersebut yang menjadi sorotan, seperti ketika pak Tirta mencium kening Zahra, atau ketika pak Tirta mendekatkan wajahnya di perut Zahra yang sedang hamil.