by

Termasuk yang Manakah Kamu di Tiga Tipe Shopaholic Ini

Termasuk yang Manakah Kamu di Tiga Tipe Shopaholic Ini

Bulatin.com – Mungkin Anda tak asing dengan ungkapan ‘Mid Night Sale’, ‘Dicount Up To 70%’, ‘Cicilan 0%’, kata-kata tersebut terkadang membuat sebagian orang baik pria maupun wanita langsung belanja barang yang diinginkan tanpa berpikir panjang kebutuhan lain. Apakah hal tersebut dapat dibilang Shopaholic?

Shopaholic berasal dari kata shop yang artinya belanja dan aholic yang artinya suatu ketergantungan yang disadari ataupun tidak.

Menurut Oxford Expans, shopaholic adalah seseorang yang tidak mampu menahan keinginannya untuk berbelanja sehingga menghabiskan begitu banyak waktu dan uang untuk berbelanja meskipun barang-barang yang dibelinya tidak selalu ia butuhkan.

Penderita shopaholic dapat mengalami kelainan ini dengan tiga cara.

1. Spontan

Pada cara ini penderita cukup spontan untuk membeli barang. Saat ada barang yang menarik hatinya, seketika itu juga dibeli. Atau, ketika menemui ada kata ‘diskon’ untuk suatu item tertentu, dia langsung berbelanja tanpa berpikir memang diperlukan atau tidak.

2. Belanja untuk melepas stres

Para shopaholic jenis ini berasumsi bahwa berbelanja itu menyenangkan dan sebagai terapi melepas stres. Alhasil, belanja seperti semacam hobi yang harus disalurkan untuk menghindari stres.

3. Kecanduan

Ini tahap paling berat seorang shopaholic dapat mengalami kecanduan belanja dan ingin memiliki semua barang. Tipe ini cukup berbahaya karena keinginannya barang apapun akan ia beli meski tidak disukai dan dibutuhkan.