by

Ternyata Cotton Bud Tak Ideal Sebagai Pembersih Telinga

Ternyata Cotton Bud Tak Ideal Sebagai Pembersih Telinga

Bulatin.com – Beberapa orang yang masih tetap bersihkan telinga lewat cara yang salah, yaitu memakai cotton bud atau korek kuping. Walau sebenarnya pemakaian cotton bud malah juga akan mendorong kotoran kedalam serta dapat buat gendang telinga rusak.

Selain itu, saat ini juga telah mulai keluar langkah alternatif bersihkan telinga memakai obat tetes. Apakah ini aman?

” Sama saja dengan tetes. Tetes itu peranannya untuk menghancurkan lalu disedot. Bila tidak disedot, dia juga akan mengeras sekali lagi, jadi sama juga, ” terang dr. S. Hendradewi, SpTHT-KL (K), Med.

Dewi menerangkan, kotoran telinga juga di pengaruhi oleh udara panas serta keringat. Bila keringat banyak, jadi kotoran telinga banyak juga. Demikian sebaliknya, tapi bila keringat sedikit akan tidak sangat bermasalah jadi tidaklah perlu bebrapa seringkali dibikin bersih. Diluar itu, memanglah ada tipikal telinga yang bersih, jadi tidaklah perlu dibikin bersih.

Bila perlu dibikin bersih, langkah paling pas yaitu dengan berkunjung ke dokter THT. Terlebih bila memanglah Anda type yang berkeringat banyak, baiknya teratur bersihkan 4-6 bulan sekali.

” Bila kotoran telinganya telah mengeras, diencerkan dahulu lalu baru disedot, ” kata Dewi.

Tetapi, Anda harus juga waspada, karna ada kotoran telinga yang berbentuk ganas. Kotoran ini dapat tumbuh serta menggerogoti kulit. Dampaknya dapat begitu sakit serta beresiko.