by

William Saliba Dipinjamkan Arsenal ke OGC Nice Selama Musim 2020/21

William Saliba adalah pemain Arsenal yang nyaris terlupakan. Sejak dikontrak pada musim 2019/20 lalu, tidak satupun penampilan resmi dicatatkan pemain berusia 21 tahun tersebut.

Sepanjang tiga tahun yang habis dari kontraknya itu seluruhnya dihabiskan di klub pinjaman. Semuanya bermula saat Arsenal mendatangkannya dari Saint-Etienne.

Dalam perjanjian transfer tersebut, Saliba diperbolehkan menjalani satu musim lagi di Saint-Etienne itu sebagai pinjaman. Tetapi begitu balik ke Arsenal, Saliba dipinjamkan lagi.

Saliba dipinjamkan ke OGC Nice selama musim 2020/21. Kemudian dipinjamkan lagi satu musim penuh ke Marseille di musim berikutnya.

Dengan kembalinya Saliba ke dalam skuad, Arsenal didorong untuk segera mempercayakan Saliba.

Kepala Akademi Arsenal Per Mertesacker mendorong manajer Arsenal Mikel Arteta untuk percaya dengan William Saliba. Ia telah lama melihat kemampuan sang pemain selama berada di klub pinjaman.

Saliba tampil sangat impresif selama dengan Marseille. Klub Prancis itu bahkan tertarik untuk mempermanenkannya, namun Saliba enggan dan berusaha mendapatkan tempat utama di Arsenal.

“Apa yang telah William kerjakan di Marseille sangat luar biasa. Jadi bagi kami adalah mengujinya musim panas ini dan mencoba mencari tahu apa yang terbaik buatnya,” kata dia kepada Hayters TV.

Oleh karena itu, Per Mertesacker merasa tidak ada salahnya bagi Mikel Arteta untuk mencobanya di tim utama. William Saliba telah membuktikan komitmen dan determinasinya untuk memperebutkan tempat utama di skuadnya.

Apalagi dengan usia yang masih muda, Saliba punya banyak ruang untuk dikembangkan. Menit bermain yang cukup bisa membantu proses perkembangannya tersebut.

“Tentu saja dia telah membuat permainan yang sangat memukau di usianya yang masih sangat muda dan pernah bermain di liga top Eropa. Jadi, kenapa kita tidak menggunakannya?” ujar Mertesacker.

Arsenal saat ini punya lima pemain yang alami berposisi sebagai bek tengah. William Saliba adalah bek termuda di peta persaingan tersebut.

Gabriel Magalhaes dan Ben White merupakan pemain yang paling sering dipercaya Arteta di musim lalu. Magalhaes tampil sebanyak 38 kali, sedangkan White 37 kali.

Selanjutnya ada Rob Holding dan Pablo Mari yang lebih banyak ditepikan sepanjang musim lalu. Holding bermain 21 kali, sementara Mari baru tiga kali.