by

Inilah Kegunaan dari Mata Kucing di Pintu Mobil

Inilah Kegunaan dari Mata Kucing di Pintu Mobil

Bulatin.com Fitur-fitur yang dibikin pabrikan mobil pasti ada maksudnya, walau penampilannya simpel. Seperti dalam mata kucing yang berada di pintu mobil sisi dalam. Mata kucing ini terbuat dari stiker yang langkah kerjanya memantulkan sinar seperti reflektor.

Bentuk fisiknya memang simpel, mungkin buat yang tidak paham akan melepasnya sebab dipandang stiker biasa. Walau sebenarnya saat mobil berhenti di pingir jalan, stiker ini menjadi pemberi tanda jika ada pengendara yang tengah buka pintu.

Seperti yang dikatakan Diler Technical Dukungan PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi. Ia menyampaikan, stiker mata kucing berperan untuk keamanan pengendara waktu buka pintu di tepi jalan.

“Di Toyota, stiker itu ada mobil yang pintunya sliding door seperti Sienta, Voxy serta Alphard. Maksudnya adalah untuk safety waktu malam hari supaya tampak oleh kendaraan di belakangnya,” katanya.

Sambung ia, untuk kelas premium seperti Camry, bukan mata kucing, melainkan ada lampu kecil. Menjadi saat pintu terbuka lampu itu akan menyala. Letaknya dibawah speaker.

Selain itu, katanya, mata kucing ikut berperan memberitahu permukaan yang akan dijejak pengemudi atau penumpang waktu turun dari mobil.

“Kalau pintu ditutup lampu itu mati, menjadi lampu kecil itu menyala saat kontak telah on serta pintu terbuka. Fungsinya juga bisa menjadi pemberi tanda seperti stiker mata kucing,” tuturnya.