by

Kemampuan Siber Indonesia Kalah dari Filipina dan Thailand

Kemampuan Siber Indonesia Kalah dari Filipina dan Thailand

Bulatin.com – Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSREC, Pratama Persadha, memandang Indonesia belumlah dapat mengamankan lokasi sibernya. Bahkan juga Indonesia ada di posisi ke-70 dari negara yang miliki kemampuan siber hebat.

“Lumrah Indonesia di posisi ke-70 dari beberapa negara yang miliki kemampuan siber kuat. Bagaimana jika kita tidak dapat amankan lokasi siber Indonesia,” kata Pratama dalam diskusi di lokasi Menteng, Jakarta, Sabtu 9 Februari 2019.

Dia menuturkan, Indonesia telah berulang-kali terserang serangan siber. Tetapi permasalahannya ada di biaya. Hingga terdapat beberapa intimidasi tetapi tidak dapat kerja.

“(Kemampuan siber Indonesia) kita kalah dari Mauritius, kalah sama Oman. Di Asia kita kalah sama Thailand, kalah sama Filipina,” kata Pratama.

Dia juga menanyakan siapa yang bertanggungjawab pada permasalahan siber di Indonesia. Karena semasing kementerian terasa memiliki hak kerjakan permasalahan siber ini.

“Kominfo terasa memiliki hak, Kemhan terasa memiliki hak, BSSN juga. Pada akhirnya kita kerjain sendiri-sendiri, jadi tidak serasi. Jika miliki sistem integrasi yang bagus tidak dapat terkena,” kata Pratama.