by

Mantan pemain Chelsea, Petr Cech, memuji Edouard Mendy sebagai penjaga gawang yang komplit

Mantan pemain Chelsea, Petr Cech, memuji Edouard Mendy sebagai penjaga gawang yang komplit. Memangnya apa yang bisa diberikan pemain berkebangsaan Prancis tersebut kepada the Blues?

Chelsea mendatangkan Mendy beberapa hari sebelum bursa transfer musim panas ditutup. Ini adalah reaksi klub atas performa Kepa Arrizabalaga yang belum juga membaik sampai saat ini.

Dua pertandingan pertama, yang di mana Kepa kerap melakukan kesalahan, membuat Chelsea jadi semakin yakin untuk merekrut Mendy dari Rennes. Dan keputusan mereka kali ini tidak salah.

Sekarang Mendy sudah menjalani total lima penampilan di semua kompetisi bersama Chelsea musim ini. Sejauh ini, ia sudah mengantongi lima clean sheet dan baru kebobolan dua kali.

Kedatangan Mendy sendiri merupakan buah dari kehadiran Petr Cech di balik layar Chelsea. Ia mengakui bahwa departemen transfer klub mendatanginya untuk meminta saran soal penjaga gawang terbaik untuk the Blues.

Cech mengatakan bahwa Mendy bukan satu-satunya opsi yang dimiliki oleh Chelsea pada saat itu. Tapi, dalam daftar pemain yang diincar, Mendy yang paling diutamakan.

“Saya bersama departemen penjaga gawang dan pemandu bakat diminta untuk meyiapkan dokumen buat sang pelatih dan memberikan saran soal siapa pilihan saya,” ujarnya kepada the Times.

“Edouard bukan satu-satunya pemain di dalam daftar itu, namun kami menaruhnya di atas karena kualitas dan juga pengetahuan kami soal dirinya. Pelatih memutuskan untuk mengikuti saran itu,” lanjutnya.

Cech meyakini kalau Mendy adalah kiper yang sangat dibutuhkan oleh Chelsea saat ini. Baginya, Mendy punya segalanya untuk mendapatkan predikat sebagai penjaga gawang yang komplit.

“Dia memberikan apa yang kami inginkan dari dia, yaitu kehadiran, ketenangan dan cara dia melakukan sesuatu di lapangan dengan presisi serta pembuatan keputusan yang jelas,” tambahnya.

“Dia orang yang sangat positif dan menunjukkan itu lewat cara bermain. Kekuatan utamanya adalah duel udara, dia sangat kuat dalam mengantisipasi umpan silang dan punya kehadiran yang sangat besar di kotak penalti.”

“Dia punya tubuh yang tinggi, jadi dia menggunakan itu untuk keluar dan memblokade tembakan. Distribusi bolanya juga sangat baik. Secara keseluruhan dia adalah penjaga gawang yang komplit,” pungkasnya.