by

Panglima Memprioritaskan Bocah Pemanjat Tiang Bendera Jadi Prajurit TNI

Panglima Memprioritaskan Bocah Pemanjat Tiang Bendera Jadi Prajurit TNI

Bulatin.com – Johannes Adekalla jadi tenar karena laganya yang viral memanjat tiang bendera waktu upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Desa Silawan, Belu, Nusa Tenggara Timur. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto turut angkat jempol pada bocah siswa SMP yang dipanggil Joni itu.

“Panglima TNI memberi animo berbentuk beasiswa atas keberanian serta tindakan heroik Johannes Adekalla, hingga bendera Merah Putih bisa dikibarkan dalam upacara itu,” kata Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah dalam keterangannya, Sabtu 18 Agustus 2018.

Menurut Sabrar, tindakan yang dikerjakan Joni itu bangun perasaan nasionalisme. Katanya, panglima TNI juga siap memberi penghargaan berbentuk beasiswa sampai lulus SMA.

Lalu, sesudah lulus SMA, Joni akan menjadi prioritas jika tertarik ingin jadi prajurit TNI. Selain itu, siswa kelas VII SMP Silawan itu akan diundang tonton pembukaan Asian Games di Gelanggang olahraga Bung Karno, Jakarta.

“Lulus SMA akan prioritas jika ingin jadi prajurit TNI dan mengundang Johannes ke acara pembukaan Asian Games ke-18 di hari ini di Jakarta,” jelas Sabrar.

Berkaitan tanggapan beberapa pihak yang ramai memberi animo menjadi hal lumrah. Ia juga lihat video viral yang memvisualisasikan Joni memanjat tiang bendera mengundang haru karena heroik.

“Mereka terasa terharu, meneteskan air mata serta bangga sesudah lihat video laganya yang viral di sosial media,” ucapnya.

Baca: Menpora Ajak Bocah yang Panjat Tiang Bendera di NTT Tonton Asian Games

Joni adalah bocah asal Belu, NTT, yang tempatnya ada di perbatasan Indonesia-Timor Leste. Dia memanjat tiang bendera, karena talinya terlibat waktu bendera akan dikibarkan.

Tindakan heroik Joni dikerjakan waktu upacara bendera peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI di daerah Pos Lintas Batas Indonesia dengan Timor Leste di Propinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat pagi 17 Agustus 2018.

Video tindakan bocah itu di-upload di channel Youtube Esra Alfred Soru. Tidak perlu waktu lama bocah itu tampak mahir memanjat tiang itu sampai puncak.