by

PKS Menyebutkan Bencana Alam di Sulawesi Tengah Harus Lebih Diutamakan

PKS Menyebutkan Bencana Alam di Sulawesi Tengah Harus Lebih Diutamakan

Bulatin.com Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menuturkan pentingnya penentuan status musibah nasional dalam perlakuan gempa di Sulawesi Tengah. Dia lantas mengharap biar pemerintah baiknya dapat tunda jadwal Annual Meeting IMF-World Bank yg akan diadakan di Bali.

Sohibul memperingatkan biar perlakuan musibah di Sulteng karena gempa, tsunami di Palu, Donggala, serta Sigi mesti dapat jadi prioritas. Pertemuan IMF-World Bank itu akan dikunjungi lebih kurang 18 ribu delegasi dari 128 negara pada 8-14 Oktober 2018 di Nusa Dua, Bali.

” Kami mengharap biar pemerintah tunda jadwal pelaksanaan Annual Meeting IMF-World Bank sampai tanggap darurat musibah usai serta normal kembali serta masuk babak rehabilitasi masa gempa, ” kata Sohibul.

Menurutnya, dengan jumlahnya korban wafat karena gempa yg telah tembus lebih 1. 600 orang mesti jadi perhatian. Jumlahnya ini diperhitungkan tetap kemungkinan bertambah. Belum pula korban jumlahnya luka-luka sampai besarnya taraf kehancuran infrastruktur di Sulteng.

Dengan status musibah nasional karena itu dikehendaki proses penanggulangan musibah dapat lebih maksimal.

” Di mulai dari tanggap darurat seperti evakuasi korban, perlakuan medis, pengungsian, mobilisasi serta distribusi perlindungan sampai proses recovery serta rehabitilasi masa gempa bisa berjalan dalam waktu cepat, efisien serta responsif, ” kata Sohibul.

Lalu, untuk internal PKS, Sohibul mengucapkan kader sebagai relawan di Sulteng senantiasa aktif menolong beberapa korban. Sehubungan soal ini, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri telah memantau langsung relawan PKS di Sulteng.

” Alhamdulillah, kami bersukur serta bangga lantaran pimpinan kami, Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Al-Jufrie pun ada temani perjuangan beberapa relawan PKS di lapangan, ” ujarnya.

Keadaan bangunan serta jalanan yg rusak karena gempa 7, 4 pada taraf richter (SR), di lokasi Kampung Petobo, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa, 2 Oktober 2018. Photo : Keadaan masa gempa di Petobo, Palu.

Ia pun mengedepankan biar kader PKS sebagai legislator baik di pusat serta daerah dapat menolong dengan menyisihkan pendapatannya untuk korban gempa Sulteng. Imbauan ini penting lantaran korban gempa Sulteng jadi duka seluruhnya penduduk Indonesia.

” Duka mereka duka kita. Luka mereka luka kita. Beri perlindungan terunggul yg kita miliki. Serta ingat, mari kita semua meminta ampun pada Allah SWT biar kita negara serta bangsa kita terpelihara serta terbangun dari tragedi, ” papar eks wakil ketua DPR itu.