by

Sebaiknya Jangan Lakukan Diet Rendah Karbo Saat Hamil

Sebaiknya Jangan Lakukan Diet Rendah Karbo Saat Hamil

Bulatin.com – Satu penelitian baru mengklaim kalau diet rendah karbohidrat seperti diet Atkins, Paleo, atau Keto dapat tingkatkan resiko wanita melahirkan bayi dengan spina bifida, atau kecacatan yang lain.

Wanita yang melakukan diet dengan melarang mengkonsumsi karbohidrat waktu hamil, atau dalam usaha mempunyai anak, mempunyai resiko 30 persen lebih tinggi miliki bayi dengan kecacatan lahir pada tabung sarafnya.

Cacat tabung saraf cukup umum berlangsung serta punya potensi melahirkan bayi cacat yang melemahkan seperti spina bifida, kekeliruan pembentukan pada tulang belakang serta saraf tulang belakang, dan anencephaly, yakni kehilangan jumlah yang begitu besar dari otak serta tengkorak yang dapat mematikan.

Temuan ini menggarisbawahi perlunya konsumsi asam folat sehari-hari untuk wanita hamil, sebagai kunci perubahan tulang belakang serta tengkorak bayi. Studi yang dikerjakan oleh University of North Carolina di Chapel Hill ini adalah yang pertama mengevaluasi jalinan pada konsumsi karbohidrat yang kurang dengan mempunyai anak yang alami cacat tabung saraf.

” Kami sudah tahu kalau alur makan ibu sebelumnya serta sepanjang kehamilan awal mempunyai peran penting dalam perubahan janin, ” kata profesor peneliti Dr Tania Desrosiers seperti diambil situs Daily Mail, Jumat 26 Januari 2018.

Desrosriers memberikan, apa yang baru dari studi ini yaitu input kalau asaupan karbohidrat yang kurang dapat tingkatkan resiko mempunyai anak dengan cacat tabung saraf sampai 30 persen.

” Ini mencemaskan, karna diet rendah karbohidrat cukup popular, ” katanya.

Temuan ini mendorong perlunya wanita yang menginginkan hamil untuk membahas kesehatan mereka dengan pakar tentang diet spesial atau tingkah laku makan yang mereka teratur lakoni. Studi yang dipublikasikan di jurnal Birth Defects Research ini mengkaji data dari National Birth Defects Prevention Study dengan rentang tahun dari 1988-2011, serta melibatkan 11. 285 wanita dari Arkansas, California, Georgia, Lowa, Massachussetts, New York, North Carolina, Texas, serta Utah.

Dari beberapa wanita ini, 1. 740 mempunyai bayi, kematian bayi waktu melahirkan, atau terminasi dengan anencephaly atau spina bifida. Disamping itu, 9. 545 mempunyai bayi yang hidup tanpa ada kecacatan lahir.

Diketemukan kalau konsumsi asam folat keseharian diantara wanita yang membatasi karbohidrat kurang dari setengah dari wanita yang lain. Diprediksikan seperlima dari wanita di Amerika Serikat mempunyai konsentrasi folat darah dibawah kandungan yang direferensikan untuk turunkan resiko cacat tabung saraf.

Asam folat dikenal juga jadi vitamin B9 yang disebut gizi perlu untuk meminimalisir resiko cacat tabung saraf. Sumber yang kaya zat gizi ini yaitu sayuran hijau, beras merah, roti lumbung, serta sereal untuk sarapan yang difortifikasi dengan asam folat.