by

Sebuah Rumah Di Kaltim Rusak Parah Akibat Ledakan Tabung Gas

Sebuah Rumah Di Kaltim Rusak Parah Akibat Ledakan Tabung Gas

Bulatin.com – Ledakan gas elpiji ukuran 3 kg pagi barusan membuat warga Jalan Dr Soetomo, Karang Rejo, Balikpapan, Kalimantan Timur cemas. Dua orang terluka kronis, salah satunya alami patah tulang.

Info didapat, peristiwa itu berlangsung sekira pukul 06.20 WITA. Peristiwa bermula saat salah satunya korban, Heni (32) akan merebus air di dapur saat baru bangun tidur. Heni mencium aroma gas elpiji 3 kg di ruang dapurnya.

Sesudah sudah sempat melakukan perbaikan karet sil tabung gas 3 kg itu, Heni lalu menghidupkan kompor gas. Tidak diduga gas elpiji meledak. Ledakan ini membuat Heni terpental dan terluka kronis. Ledakan pun memorakporandakan bangunan rumah Heni.

Ledakan pun melukai Sulasmi (55). Sulasmi yang alami patah tulang dan Heni dibawa ke rumah sakit.

“Benar, peristiwanya barusan pagi dari ledakan elpiji 3 kg. Ada 2 orang korban patah tulang dan luka bakar,” kata Kepala BPBD Kota Balikpapan, Suseno saat di konfirmasi merdeka.com, Selasa (29/1).

Sebelum peristiwa, kata Suseno, tercium aroma gas yang begitu menusuk di dalam rumah korban. “Infonya ia (korban) telah cium berbau gas menusuk. Seharusnya yang dikerjakan adalah buka pintu, minimal ventilasi,” tutur Suseno.

“Maksudnya supaya gas terurai hawa. Tetapi kelihatannya itu tidak dikerjakan. Jadi saat menghidupkan kompor, terjadi ledakan itu. Radius getaran sampai 500 mtr. dan bunyi ledakan itu sampai sekitar radius 5 km.,” lebih Suseno.

Team pemadam kebakaran dari BPBD Kota Balikpapan dan lembaga lainnya diturunkan ke tempat peristiwa untuk menghadapi terjadinya kebakaran. Masalah itu kini diselidiki kepolisian.

“Alhamdulillah tidak ada rumah yang terbakar. Tetapi rumah atau tempat peristiwa alami kerusakan,” papar Suseno.