by

Chelsea Dibegal West Ham, Cole Tuding Tiga Bek Ini yang Bersalah

Eks bek Chelsea Ashley Cole menuding kekalahan The Blues dari West Ham tak lepas dari kesalahan tiga bek yakni Marcos Alonso, Antonio Rudiger, dan Andreas Christensen.

Duel kedua tim ini dilangsungkan di London Stadium, Kamis (02/07/2020) dini hari WIB. Laga berlangsung dengan seru dan dramatis.

Chelsea sempat unggul melalui Willian. Namun West Ham langsung bisa membalas dua gol melalui Tomas Soucek dan Michail Antonio.

Willian kemudian bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Akan tetapi pada akhirnya The Hammers bisa unggul lagi melalui Andriy Yarmolenko dengan golnya jelang laga babak kedua berakhir.

Hasil negatif ini tentu membuat Chelsea merugi. Mereka tak bisa menjaga jarak dengan Manchester United yang ada di peringkat lima dan kans untuk menyalip Leicester City di peringkat ketiga yang dikalahkan Everton.

Kekalahan ini tentu membuat Ashley Cole kecewa. Ia secara khusus menyoroti kinerja lini pertahanan Chelsea, terutama saat terciptanya gol ketiga West Ham.

Cole kemudian menyoroti performa fullback kiri Chelsea, Marcos Alonso. Ia kesal melihatnya berlari maju namun tak segera bergegas kembali ke posnya ketika timnya diserang balik lawan.

“Saya pikir mereka akan kecewa. Hal yang saya benci dari full-back adalah mereka senang berlari ke depan dan tidak berlari kembali mengejar bola. Saya paham mereka maju untuk berusaha meraih kemenangan, lima menit terakhir pertandingan, tetapi Anda perlu satu poin di sini – satu poin akan baik-baik saja untuk Chelsea,” katanya kepada Sky Sports.

“Alonso, bisakah ia memulihkan bola lebih cepat? Bisakah ia kembali? Bisakah ia berlari kembali dengan intensitas seperti yang ia lakukan ketika berlari ke depan? Mungkin, ya. Bisakah ia mengantisipasinya sedikit lebih awal? Ya,” ketus Cole.

Ashley Cole kemudian menyoroti performa duo bek tengah Chelsea, Antonio Rudiger dan Andreas Christensen. Menurutnya Rudiger sebenarnya sudah bermain dengan niatan yang bagus.

Akan tetapi menurutnya Rudigers harusnya bisa bereaksi dengan lebih cepat untuk kembali ke posisinya. Demikian juga dengan Christensen.

“Rudiger, memang sulit ketika Anda bermain melawan pemain berkaki kiri dan ia muncul di dalam [kotak penalti]. Ia mencoba untuk menggerakkan kakinya, ia mungkin berpikir, ‘Saya akan mencoba dan mengeblok bola’. Itu adalah gol yang bagus. Sebagai sebuah unit, sebagai pemain, Anda harus ingin bekerja dan tidak senang dikalahkan. Saya pikir Alonso perlu berlari kembali lebih cepat,” serunya.

“Saya pikir Chelsea memiliki empat pemain kembali. Antonio tampil dengan baik untuk menahannya. Mungkin Christensen bisa mendampinginya, turun ke bawah. Rudiger mungkin bisa melihat di bahu kirinya, melihat Yarmolenko berlari, mungkin ia bisa turun lebih cepat,” ujarnya.

“Mereka bereaksi terlambat. Ya, Anda mendorong ke depan. Tapi pertama-tama dan terutama, Anda harus bertahan,” tegas Cole.

Saat ini Chelsea berada di peringkat empat klasemen sementara Premier League dengan koleksi 54 poin. Setelah melawan West Ham, di laga berikutnya Marcos Alonso dkk akan berduel melawan Watford di Stamford Bridge.