by

KPK Periksa Tiga Pejabat Kemenag Terkait Kasus Romi

KPK Periksa Tiga Pejabat Kemenag Terkait Kasus Romi

Bulatin.com – Komisi Pemberantasan Korupsi kembali melanjutkan pemberkasan penyelidikan terduga bekas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy alias Rommy.

Kesempatan ini yang di panggil untuk diminta info yaitu Wakil Ketua Panitia Pelaksana Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Kementerian Agama, Mohammad Farid Wadjdi; Sekretaris Panitia Pelaksana Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi, Iwan Kurniawan; serta Team Seleksi Administrasi Panitia Pelaksana Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Kemenag, Yennie Poetri.

“Ketiganya diperiksa menjadi saksi untuk terduga RMY,” Kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Senin, 1 April 2019.

Minggu lalu, penyidik sudah mengecek Sekretaris Jenderal Kemenag sekaligus juga Ketua Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Kemenag, Nur Kholis Setiawan, serta beberapa anggotanya.

Selain itu, KPK telah mengecek tokoh PPP sekaligus juga Pengasuh Pondok pesantren Amanatul Ummah, Kiai Asep. Ia sempat dimaksud oleh Rommy menjadi pelaku yang mereferensikan Haris Hasanudin menjadi Kepala Kantor Lokasi Kemenag Jawa Timur. Tetapi selesai diperiksa, Asep membantahnya.

Bertepatan dengan Rommy serta Haris, KPK pula sudah menangkap bekas Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq sebagai terduga suap jual beli jabatan di Kementerian Agama.

Dalam perubahan penyelidikan, KPK temukan ada tanda-tanda Rommy tidak cuma bermain pada proses jual beli jabatan di Kanwil Kemenag Jawa Timur. Instansi anti-rasuah itu mengakui terima banyak laporan jika Rommy bermain di banyak daerah di Tanah Air. KPK mengatakan, akan menindaklanjuti penemuan itu.

Pada masalah ini, KPK juga memeriksa beberapa ruang di Kemenag. Diantaranya, ruangan kerja Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin serta ruangan kerja Sekjen Kemenag, Nur Kholis Setiawan.