by

Mensos Datangi Daerah Terkena Gempa

Mensos Datangi Daerah Terkena Gempa

Bulatin.com -Menteri Sosial Idrus Marham akan meninjau tempat gempa bumi di Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (24/1). Ia bakal didampingi oleh Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy.
Dirjen Perlindungan serta Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat menyebutkan rombongan bakal bertolak dari Jakarta sekira jam 06. 30 Wib, diperkirakan bakal tiba di tempat jam 10. 00 Wib.
” Mensos juga akan ke tempat yang alami rusaknya akibat gempa bumi di Kecamatan Cilograng. Rencananya bakal didampingi Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, ” kata Harry seperti diberitakan Pada.
Terlebih dulu, Kemensos sudah mendistribusikan pertolongan logistik dan taruna Siaga Bencana (Tagana) ke tempat terdampak gempa.
” Sebentar setelah gempa mengguncang, kami selekasnya terjunkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk turut menyisir dampak gempa dengan Dinas Sosial Provinsi Banten, ” tutur Idrus.
Pertolongan logistik difokuskan pada 92 kepala keluarga yang alami kerusakan rumah berat serta mengungsi dirumah tetangga serta keluarga.
Type pertolongan yang diberikan, beras sejumlah 1. 000 Kg, 100 lembar selimut, 120 lembar matras, 240 paket lauk pauk, serta 30 paket foodware. Nilai pertolongan yang sudah disalurkan sebesar Rp 50, 5 juta.
Diluar itu, Kemensos juga kirim tim untuk lakukan pendampingan serta assesment kebutuhan beberapa pengungsi.
Untuk di ketahui, gempa berkekuatan 6, 1 SR mengguncang Jakarta serta sekitarnya yang berpusat di Lebak, Banten, Selasa (23/1) jam 13. 34 Wib.
Tempat gempa terdapat di koordinat 7, 21 Lintang Selatan serta 105, 91 Bujur Timur atau tepatnya di 81 km. arah barat Lebak.
Kepala taruna siaga bencana (Tagana) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Aan Subandi mengatakan ada 334 rumah rusak karena musibah gempa di lokasi Lebak.
Aan meyakinkan, 334 rumah rusak itu yaitu data sementara yang berhasil dikumpulkan dari 12 Kecamatan yang ada di lokasi Kabupaten Lebak.
Dari angka itu, 300 rumah alami rusak ringan sesaat sisanya rusak berat.