by

Mobil Pendorong Dari Maskapai Lion Air Terbakar

Mobil Pendorong Dari Maskapai Lion Air Terbakar

Bulatin.com – Alat untuk mendorong serta menarik pesawat punya Lion Group terbakar di ruang landas hubung atau taxiway. Momen ini berlangsung persisnya di ruang taxiway yang menghubungkan hanggar serta Apron Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Jumat 27 April 2018.

” Mengemukakan info tentang terbakarnya satu kendaraan penarik serta pendorong pesawat udara (towing car) yang alami masalah dengan keluarkan percikan api di ruang landas hubung (taxiway) Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng, Tangerang, ” kata Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam info tertulisnya, Jumat 27 April 2018.

Danang menerangkan, peristiwa itu berlangsung saat lakukan towing Airbus A320 registrasi PK-LAL dari hangar menuju landas parkir (apron) dengan didampingi Aircraft Movement Control (AMC).

Ketika itu, petugas atas nama Marthin waktu itu tengah mengendarai dengan perlahan-lahan. Tetapi, waktu ketahui ada percikan api, saat itu juga segera mengambil keputusan untuk berhenti serta mematikan mesin (shut down).

” Aksi ini untuk melindungi keselamatan serta keamanan. Pesawat diberhentikan lantas direm (parking brake), kendaraan penarik selekasnya dilepaskan serta dijauhkan menuju jarak yang aman dari pesawat, ‘ katanya.

Dengan koordinasi yang baik pada pengemudi, tehnik, AMC serta unit kerja Pertolongan Kecelakaan Penerbangan serta Pemadam Kebakaran (PKP PK) bandar udara, api bisa dipadamkan secara cepat.

” Sekarang ini pushback car telah dievakuasi. Lion Air tengah lakukan investigasi serta pengecekan selanjutnya dengan teknisi dan pihak berkaitan, ” ucapnya.

Untuk operasional pushback car yang dipakai dalam kelancaran penerbangan, Lion Air Group juga akan meminimalkan efek yang muncul. Hal semacam ini supaya kesibukan lain tidak terganggu. ” Lion Air Group minta maaf pada pihak lain yang terganggu atas peristiwa ini, ” tuturnya.