by

Salah Satu Tembok Tua Keraton Solo Roboh

Salah Satu Tembok Tua Keraton Solo Roboh

Bulatin.com – Salah satu tembok pagar pembatas pada gedung sentral dengan Dalam Prabuwinatan di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, rubuh pada Senin (15/1) malam. Tembok yang rubuh memiliki ukuran panjang 15 meter dengan tinggi 6 meter serta tebal 50 sentimeter. Bangunan tua jaman Paku Buwono X itu terdapat di bagian kiri keraton.
Pengageng Parentah Karaton Surakarta, KGPH Dipokusumo, menyebutkan terlebih dahulu tembok yang rubuh telah dalam kondisi miring. Keraton serta pemerintah sesungguhnya telah berencana merevitalisasi bangunan itu. Tetapi masih menanti kesepakatan dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.
” Telah mulai sejak dua tahun ini bangunannya miring. Referensi dari masyarakat minta dirobohkan, ” tutur Gusti Dipo, panggilan akrabnya, waktu dihubungi merdeka. com, Selasa (16/1).
Gusti Dipo memberikan, saat ini pihaknya telah berkomunikasi dengan BPCB Jawa Tengah untuk ambil aksi selanjutnya.
” Barusan BPCB telah menghubungi saya, sesuai dengan masukan masyarakat tembok juga akan dirobohkan. Nanti bakal direkonstruksi serta dikembalikan seperti semula, ” ucapnya.
Pantauan di tempat, sejumlah petugas BPBD Solo bersihkan puing-puing reruntuhan tembok. Sebagian pohon besar yang berada di sekitar lokasi juga dirobohkan untuk keamanan warga sekitaran. Di Dalam Prabuwinatan ada puluhan warga yang tempati rumah magersari.