by

TNI Kawal Pengiriman Bantuan ke Lokasi Bencana

TNI Kawal Pengiriman Bantuan ke Lokasi Bencana

Bulatin.com Untuk menangani tindakan penjarahan pada distribusi pertolongan yang berlangsung di tempat bencana alam Sulawesi Tengah, TNI pastikan akan lakukan pengawalan. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan, sekarang ini personil TNI akan mengawasi semenjak di jalan masuk sampai ke tempat pengungsian.

Beberapa personil akan berjaga di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, untuk distribusi yang masuk dari utara. Selain itu, untuk jalan masuk di samping selatan, Personil TNI mulai mengawal dari Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

“Ini hari, kita kerjakan pengamanan, penjagaan distribusi untuk jalan darat yang dari Parigi, kita kawal dari pintu utara, kita kawal sampai masuk sampai aman. Lalu dari pintu selatan, dari Mamuju, juga kita kawal pasukan, sampai masuk, hingga pendistribusian ini dapat sampai ke korban dengan aman,” kata Hadi di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa 2 Oktober 2018

Hadi menyampaikan, awal mulanya TNI sudah mengerahkan sekitat 850 personil ke tempat bencana. Akan tetapi, semua personil itu cuma difokuskan untuk mengatasi korban serta percepat pertolongan pada korban.

“Tetapi ada peristiwa yang tersebar di semua media, karena itu ini hari kita mengirim pasukan penambahan. Hampir tiga batalion dari pasukan lintas hawa untuk mengawasi yang saya jelaskan barusan, SPBU, ATM, lalu toko, serta pasar,” ujarnya

Hadi menyampaikan pada penduduk, supaya janganlah takut untuk mengawali kegiatan perdagangan mereka. Dia mengharap, supaya roda perekonomian di tempat bencana itu bisa sembuh dalam sekejap.

“Mereka kita imbau jika untuk melakukan pekerjaan atau aktivitasnya keseharian dengan dikawal oleh TNI serta Polri, hingga ekonomi masih berjalan mulus,” katanya.