by

Van Dijk tak cuma bisa memperkokoh pertahanan Liverpool

Legenda Belanda Ruud Gullit mengklaim kehadiran Virgil Van Dijk merupakan kunci kesuksesan Liverpool menggunguli Manchester City di pentas Premier League.

Van Dijk dibeli oleh Liverpool pada musim dingin 2018 lalu. Perekrutannya membutuhkan dana mencapai 75 juta pounds, yang dicibir oleh banyak fans klub lain.

Namun ternyata pembelian itu terbukti jitu. Van Dijk tak cuma bisa memperkokoh pertahanan Liverpool. Namun ia juga bisa membuat performa tim secara keseluruhan menjadi lebih baik dan stabil.

Van Dijk pun sudah membantu Liverpool memenangi tiga gelar juara sejauh ini. Dan tak lama lagi, ia akan membantu The Reds memenangi trofi Premier League untuk pertama kalinya.

Liverpool sendiri saat ini mengoleksi 76 poin dari 26 laga. Mereka unggul 25 poin dari Manchester City yang ada di peringkat kedua, namun baru memainkan 25 laga.

Menurut Ruud Gullit, Liverpool bisa sukses mengalahkan Manchester City di Premier League karena hadirnya Virgil Van Dijk. Namun selain itu ia juga menyebut melemahnya pertahanan The Citizen juga menjadi pendorong kesuksesan The Reds.

“Agar bisa menang, semua tim terbaik harus memiliki pertahanan yang bagus. Di Barcelona, dengan Carles Puyol di belakang, mereka memiliki pertahanan yang baik,” cetusnya pada Omnisport. “Jika Anda tidak memilikinya maka Anda bisa menyerang semua yang Anda suka, tetapi Anda selalu kebobolan banyak gol,” sambungnya.

“Pep Guardiola membeli empat bek tengah dan mereka tidak bisa melakukannya. Itu tidak beruntung juga dengan cedera tetapi merupakan faktor yang stabil untuk memiliki bek yang dapat melakukan hal-hal yang perlu Anda lakukan,” ujarnya.

“Banyak tim tidak bertahan dengan baik. Jadi, dengan Van Dijk, itu adalah masalah yang sudah tuntas [dipecahkan],” seru Gullit.

Ruud Gullit mengaku banyak orang selama ini merasa ragu bahwa pertahanan yang kokoh adalah kunci keberhasilan sebuah tim meraih kesuksesan. Kini ia mengaku senang karena bisa menghapus keraguan tersebut.

“Van Dijk adalah contoh bahwa saya benar di Belanda. Jika saya katakan Anda harus belajar cara bertahan orang-orang berkata, ‘Anda selalu dengan masalah bertahan’ dan hal-hal seperti itu,” ujarnya.

“Tapi di situlah semuanya bermula. Sekarang mereka mengatakan Anda benar, [Anda bisa sukses] jika Anda memiliki pemain bertahan yang baik, dan hal baiknya adalah itu adalah pemain belakang Belanda,” koarnya.

Liverpool saat ini hanya membutuhkan lima kemenangan lagi untuk bisa menjadi juara Premier League. Jika skenario ini terjadi, maka Virgil Van Dijk dkk bisa menerima Guard of Honour di laga lawan Manchester City pada awal April 2020 mendatang.