by

Ini Tips Untuk Terhindar Dari Tindak Kejahatan Skimming

Ini Tips Untuk Terhindar Dari Tindak Kejahatan Skimming

Bulatin.com – Aparat Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya lagi-lagi telah meringkus empat tersangka pembobolan dana nasabah dengan modus skimming. Empat tersangka warga negara asing itu, dua datang dari negara Bulgaria, satu dari negara Chili serta satu tersangka dari negara Taiwan.

Kanit IV Resmob Polda Metro Jaya, AKP Rovan Richard menyebutkan, beberapa pelaku skimmer umumnya menempatkan alat skimmer di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan tutup diri demikian rupa.

” Umumnya mereka menggunakan topi serta pakaian lengan panjang. Hal tersebut untuk menutupi tanda-tanda fisik mereka, ” kata Rovan di Mapolda Metro Jaya, Selasa 3 April 2018.

Rovan menjelaskan dalam menggerakkan aksinya beberapa aktor tidak butuh saat lama. Beberapa aktor cuma perlu saat 10 sampai 15 menit untuk menempatkan satu unit alat skimmer yang ditempelkan di ATM.

Supaya terlepas dari korban skimming, Rovan berpesan pada pengunjung ATM yang menarik uangnya untuk memerhatikan keadaan ATM yang dituju, apakah telah dalam keadaan aman atau belum juga.

” Lakukan saat akan ambil uang, alat keyboard angka sebaiknya ditutup memakai tangan diatas angka-angkanya. Hal tersebut untuk meyakinkan supaya saat kita memasukan nomor PIN, tidak terekam oleh alat skimmer, bila di ATM-nya telah terpasang alat itu, ” katanya.