oleh

Mobil Buatan Indonesia Dengan 1 Liter Bensin Tempuh 177 Km

Mobil Buatan Indonesia Dengan 1 Liter Bensin Tempuh 177 Km

Bulatin.com – Ajang lomba kendaraan hemat energi Shell Eco-marathon Asia 2018 sudah usai di gelar pada Minggu 11 Maret 2018 tempo hari.

Dalam perlombaan sebagai sisi dari acara Festival Make The Future Asia itu, titel pengemudi paling cepat serta hemat energi di Asia diserahkan pada tim Semar Urban dari Kampus Gadjah Mada.

Tempat ke dua serta ke tiga diduduki oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember Tim 2 serta Garuda Kampus Negeri Yogyakarta ECO TEAM.

Ke tiga tim itu siap berkompetisi dengan tim-tim dari Amerika serta Eropa di acara puncak Drivers’ World Championship (DWC), yang juga akan di gelar di London, Inggris pada Juli yang akan datang.

Menariknya, panitia berikan peluang pada jurnalis yang diundang, untuk coba mengendarai mobil hemat daya yang di buat oleh Fior Concept.

Mobil yang berupa seperti kapsul ini mempunyai panjang tiga meter serta lebar satu mtr.. Tingginya cuma 0, 7 meter serta bobot 70 kg.

Mobil di buat seringan serta selangsing mungkin saja, supaya dapat efektif dalam soal penggunaan bahan bakar. Jadi penggeraknya, dipakai mesin serbaguna Honda GX160, yang menggunakan satu silinder serta memiliki 163 cc.

Tenaga yang dibuat mesin cuma 4, 8 daya kuda serta torsi maksimum 10, 3 Newton meter. Daya mesin disalurkan ke roda belakang lewat transmisi satu percepatan.

Uniknya, mobil ini dengan teori dapat meniti jarak 177 kilometer cuma dengan satu liter bensin. Sayangnya, waktu dikendarai, mengkonsumsi bensin terdaftar 45 km per liter.