by

Lambatnya Adaptasi Gareth Bale Menjadi Alasan Dia Sering Dicadangkan

Gareth Bale baru satu kali merasakan kesempatan jadi starter untuk Tottenham di Premier League musim ini. Total, Bale mencatatkan 161 menit bermain di lapangan.

Bale boleh jadi sudah bergabung dengan klub baru, tapi nasibnya masih sama seperti saat masih di Real Madrid. Saat masih ditangani Zinedine Zidane, pertanyaan yang muncul pun sama: “Mengapa Bale tak juga bermain?”

Seharusnya Tottenham jadi tempat barunya menemukan kembali performa terbaik, tapi sejauh ini Bale masih berkutat di bangku cadangan.

Benar situasi Bale masih dimaklumi di awal musim, sebab dia tiba dalam kondisi cedera. Namun, seiring waktu berjalan, pertanyaan serupa kembali muncul soal menit bermain Bale.

Situasi Bale ini pun menarik dibicarakan oleh sejumlah analis Premier League, salah satunya Paul Gilmour. Menurutnya ada sejumlah alasan di balik lambatnya proses adaptasi Bale, salah satunya adalah kondisi fisik beberapa tahun terakhir.

“Ada sejumlah faktor yang berpengaruh. Saya telah bicara dengan seseorang di sana dan saya diberi tahu bahwa Gareth Bale sangat bahagia di Tottenham, itulah yang terjadi,” kata Gilmour kepada Sky Sports

“Tidak ada yang berubah, dia bahagia, dia menikmati kepulangannya. Kita semua tahu dia sudah 31 tahun, catatan cederanya pun buruk beberapa tahun terakhir, dia lama tidak bermain.”

“Jadi saya kira Spurs mengambil pendekatan yang masuk akal,” imbuhnya.

Selain berhati-hati menangani kondisi Bale, Spurs pun mempertimbangkan tim yang sudah padu di Premier League. Saat ini sudah ada nama-nama yang selalu bisa diandalkan, memasukkan Bale bisa merusak keharmonisan jika terburu-buru.

“Dia [Jose Mourinho] mempertahankan sebagian besar fondasi pemain yang sama untuk Premier League musim ini dan Gareth Bale hanya bisa jadi starter di Liga Europa, serta beberapa menit dari bangku cadangan di Premier League,” sambung Gilmour.

“Dari sudut pandang Tottenham, saya merasa mereka memilih pendekatan yang paling masuk akal.”

“Mereka tidak mau buru-buru memainkan Bale dalam liga yang sangat intens,” pungkasnya.

Teranyar, Kamis (24/12/2020) dini hari WIB, Bale mencetak satu gol dalam kemenangan 3-1 Tottenham atas Stoke City untuk melangkah ke semifinal Carabao Cup.