by

Seorang Anak Meninggal Dunia Karena Gizi Buruk

Seorang Anak Meninggal Dunia Karena Gizi Buruk

Bulatin.com – Seorang bocah pasien gizi buruk bernama Habil Daud wafat waktu dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Rasyidin, Kota Padang, Sumatera Barat, pada Minggu, 28 Januari 2018.

Anak berumur tujuh tahun buah hati suami-istri Afrijon (38 tahun) serta Mira Susanti (32 tahun) itu pernah dirawat sepanjang empat hari di RSUD Rasyidin. Keadaannya pernah lebih baik serta bahkan juga berat tubuhnya dilaporkan naik 1, 1 kg.

” Keadaan anak saya pernah lebih baik. Bahkan juga berat tubuhnya naik. Oleh karena itu tempo hari tidak jadi dirujuk ke RSUP M Djamil, ” kata Afrijon pada Senin, 29 Januari 2018.

Jenazah Habil telah dibawa pulang ke tempat tinggal duka di Kelurahan Banuaran, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang. Namun dia juga akan dimakamkan di kampung halamannya di Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan.

Habil tunjukkan sinyal tanda gizi buruk telah mulai sejak empat th. kemarin. Tetapi dua bulan paling akhir keadaan kesehatan Habil semakin lebih buruk. Ia cuma terbaring lemah ditempat tidur, bahkan juga terlihat cuma kulit pembalut tulang.

Bapak serta ibu Habil tidak bisa banyak berbuat. Soalnya mereka sekalipun tidak mempunyai biaya untuk penyembuhan. Sang bapak yang cuma seseorang pedagang roti bakar mengakui kesusahan ekonomi serta tidak mempunyai ktp dan tidak tercatat jadi anggota BPJS Kesehatan.

Puskesmas Lubuk Begalung dan Baznas Padang yang awal mula ketahui info mengenai bocah gizi buruk itu selekasnya membawa korban ke rumah sakit pada Rabu minggu kemarin. Nyawanya tidak lagi tertolong walau keadaannya pernah lebih baik.

Berdasar pada data Dinas Kesehatan Kota Padang, sepanjang tahun 2017, sekurang-kurangnya 61 masalah pasien gizi buruk. Sejumlah 22 salah satunya telah beralih status jadi gizi normal, sesaat bekasnya tetap dalam perawatan serta pantauan Dinas. Mereka selalu diawasi sampai beralih jadi gizi normal.

Dinas Kesehatan telah mempunyai program pemberian makanan penambahan, program pemantauan, serta tumbuh kembang, pendeteksian awal tumbuh kembang dan penyuluhan mengenai gizi buruk pada beberapa orangtua.